Contoh Proposal Usaha

PROPOSAL PRODUK KREATIF JAM DARI CD BEKAS



Di Susun Oleh :
NAMA: Gabriel Garuda Witardya
Kelas: XI TKJ



SMK Teknosa Surakarta
TERAKREDITASI “B”
JL. PAKEL NO.66 RT 4 RW 9 Sumber Kode Pos 57138

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulilah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini.

Dalam kehidupan didapati banyak tantangan hidup yang harus di atasi, dihadapi bahkan diselesaikan. Meliputi tantangan bersaing dalam keadaan fisik maupun mental. Hal tersebut merupakan suatu hal pemenuhan dalam kebutuhan baik rohani maupun jasmani.

Didasari oleh zaman yang semakin maju, modern dan persaingan memenuhi kebutuhan yang semakin pesat, saya sebagai pelaku dalam menjalani kehidupan untuk memerangi persaingan kini bertekad membangun sebuah usaha yang bernama “ WOW INDUSTRI “.

Dikatakan usaha hanyalah sebagian kecil dari niat yang nantinya akan berwujud sesuai keinginan atau hanyalah khayalan belaka. Untuk itu utama dalam menjadikan usaha yang berhasil dan memuaskan inilah dibutuhkan suatu konsep yang berbentuk proposal ini, didalam proses ini tercantum segala rincian yang dibutuhkan agar usaha yang nantinya dijalankan akan berhasil sesuai keinginan.

Merupakan sebagai pacuan atas kelayakan usaha yang nantinya akan dijalani. Pembuatan proposal ini termasuk sebuah usaha agar terciptanya usaha kecil yang mampu bertahan atas segala ujian pada zaman globalisasi saat ini. Sehinggan untuk suatu usaha dapat berpotensial bertahan, berkembang , maju dan dapat menghasilkan yang diharapkan.

Proposal usaha ini dimaksudkan untuk menjadikan dokumen tertulis mengenai usaha-usaha baru yang sedang direncanakan dan dalam proses. Diharapkan pula proposal usaha ini merupakan media komunikasi yang dapat diandalkan untuk pengembangan usaha dan kerjasama dengan seluruh pihak yang terkait. Segala hal yang dibuat oleh tangan manusia tiadalah sempurnanya, untuk itu tak ada gading yang tak retak. Saran dan kritikan atas proposal usaha yang saya buat ini sangatlah menjadi hal yang akan selalu membangun dan memajukan.



BAB I
PROFIL PERUSAHAAN




Nama Pusahaan " WOW "
Bidang Usaha INDUSTRI
Jenis Usaha Pengolahan CD bekas
Alamat Perusahaan Jalan Samirono I Jebres, Surakarta
Telp (0341)879341
Email wowid@gmail.co.id

Nama & Alamat Pemilik :
Nama Pemilik Gabriel Garuda Witaradya
Alamat Pemilik Jalan Samirono I Jebres, Surakarta



BAB II
GAMBARAN USAHA



A. LATAR BELAKANG

Pada saat ini yang menjadi masalah yang berdampak besar terhadap lingkungan di sekitar kita adalah sampah (Terutama Limbah Komputer), kebanyakan masyarakat kebingungan untuk membuang sampah apa lagi dikota-kota besar seperti Ibu Kota Jakarta, membuang sampah saja membutuhkan uang, disini kami sebagai siswa SMK yang kreatif ingin mengadakan perbaikan terhadap sampah-sampah yang ada disekitar kita, sedangkan pada zaman Era Globalisasi banyak yang menggunkan internet sebagai sarana untuk mendaptkan informasi yang uptodate. Sehingga banyak barang-barang bekas komputer yang tidak digunakan menumpuk, akan tetapi hal tersebut dapat ditanggulangi dengan membuat barang bekas tersebut menjadi bahan yang lebih inofatif menjadi pernak-pernik yang bernilai harganya, sehingga komponen komputer yang sudah menjadi sampah dapat di manfaatkan semaksimal mungkin.

Dengan keinginan untuk membantu mencegah lingkungan kita tidak tercemar dari sampah komputer, khusunya di wilayah kota Surakarta banyak CD rusak/bekas yang tidak digunakan lagi, dapat dimanfaatkan untuk membuat barang bekas tersebut menjadi barng yang bernilai, misalkan saja membuat pernak-pernik yang unik-unik yang dapat menimbulkan rasa tertarik terhadap konsumen untuk membeli pernak-pernik tersebut. Membuka lapangan pekerjaan bagi siswa yang tidak ada kegiatan setelah pulang sekolah, sebagai usaha sampingan, lumayan hasilnya buat menambah uang living cost supaya kita mandiri tidak selalu bergantung kepada orang tua, sedikit membantu meringankan beban beliau.

Menurut survei yang kami teliti khususnya di lingkungan siswa, para siswa ini kebnyakan mengisi waktu luang yang kosong habis sekolah hanya di buat sebagian hal yang tidak berguna seperti bermain facebook, jalan-jalan, yang tidak bermanfaat, dengan di adanya usaha-kecil-kecilan ini dapat mengurangi angka pengangguran bagi sisiwa yang tidak mempunyai pekerjaan. Sehingga waktu mereka tidak terbuang tersia-sia.

Pemanfaatan CD bekas sebagai bahan dasar Sorkaska (Souvenir Khas Surakarta) kata ini menjadikan icon kebanggan kami. Karena disini kami dapat menciptakan barang, yang berbahan dari CD bekas menjadi barang yang mempunyai nilai harga jual. Sehingga barang-barang bekas tersebut tidak terbuang begitu saja. 

B. TUJUAN

  1. Menghasilkan produk yang berkualitas yang berbahan dasar dari koran bekas.
  2. Memberi kesempatan kepada para pengerajin agar lebih berkembang dalam berkreasi untuk berwirausaha.
  3. Menjadikan produk kerajinan tangan menjadi produk yang berkualitas dam mempunyai nilai jual yang tinggi.


C. VISI DAN MISI USAHA


  1. Dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan terjamin.
  2. Menjadikan kewirausahaan ini menjadi home industri untuk mengisi waktu luang Ibu rumah tangga. Sehingga waktu mereka tidak terbung begitu saja, akan tetapi dapat membawa manfaat yang besar, karena waktu adalah emas.


D. KEGUNAAN


Dengan adanya kewirausahaan ini dapat meningkatkan ke kreatifan kita semua khususnya siswa SMK, agar menjadi siswa SMK yang lebih baik, dan menguasai dalam segala bidang, tidak hanya di dalam bidang akademik saja yang perlu di tingkatkan, akan tetapi berwirausaha juga perlu di tingkatkan hitung-hitung untuk menambah penghasilan, sehingga setalah Lulus kita tidak hanya mendaptkan nilai akademik akan tetapi juga mempunyai pengalaman untuk berwirausaha. 


C. Motivasi Melakukan Usaha


  1. Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian dengan membuka usaha atau bisnis sendiri.
  2. Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dalam menjalankan suatu usaha.
  3. Menjadi manusia yang bermanfaat mulai dari diri sendiri,keluarga,nusa dan bangsa.
  4. Meningkatkan potensi kreatifitas yang inovatif dan ketrampilan seseorang untuk  berwirausaha.
  5. Untuk mengarahkan pola pikir seseorang agar menjadi pencipta atau membuka lapangan pekerjaan bukan sebagai pencari kerja saja.
  6. Memberikan suatu pemahaman dan memperkembangkan jiwa kewirausahaan seseorang.
  7. Menambahkan nilai guna barang dari barang-barang yang sudah tidak terpakai



BAB III
PEMBAHASAN



A. Nama/Jenis Produk :
         
“ Jam dari CD bekas ”

B. Bahan-bahan yang dibutuhkan :


  1. Mesin jam. Harganya bervareasi, dari 5rb sampai yang mahal. Mesin ini bisa didapatkan di toko jam.
  2. Cakram CD, bisa baru atau bekas.
  3. Kertas cover CD, sebaiknya yang 1 lubang dan berjenis inkjet agar gambar yang dihasilkan lebih bagus.
  4. Double tape foam hijau. Double tape yang ada gabusnya yang warnanya hijau.
  5. Buat template (desain sendiri)
  6. Kertas karton untuk membuat tempat mendirikan jam.

C. Langkah - langkah :

1. Pilih gambar yang akan dijadikan cover jam, bisa foto atau gambar lain. Kali ini saya memakai gambar Spongebob. Buka di photoshop kemuadian copy gambar tersebut


2. Buka template jam di Photoshop. Kemudian paste gambar. Ubah layer gambar agar kebawah angka jam. Setelah selesai simpan sebagai jpg.


3. Buka Nero Cover Design atau sejenisnya.



4. Masukkan gambar jam kemudian print. Paling susah memang mengeprint gambar agar pas di kertas label.  Tapi ini bisa dicoba-coba biar pas.


5. Tempel kertas label ke cd. Nempelnya sebaiknya dr tengah.  Pas kan lubang di label dengan lubang di cd. 

6. Di depan mesin jam ada ring buat memasang jam. Namun kadang ring tersebut kekecilan dibanding lubang cd. Oleh karena itu saya memakai double tape. Pasang double tape ke mesin jam. Kemudian tempelkan mesin ke cd. Jangan sampai kebalik posisinya. Baterai biasanya di bagian bawah.


7. Buat tempat jam dengan kertas karton agar jam bisa berdiri, modelnya seperti dibawah ini


8. Selesai






D. RENCANA ANGGARAN



  1. CD bekas 1 = Rp. 1.000,00
  2. Mesin jam = Rp. 5.000,00
  3. Kertas karton = Rp. 3.000,00
  4. Kertas bergambar = Rp. 1.000,00

Jumlah         = Rp. 100.000,00 untuk 10 unit
Penjualan = Rp. 120.000,00 untuk 10 unit
Keuntungan = Penjualan - modal = 120.000 - 100.000
        = Rp. 20.000


E. ANALISIS SWOT

1.     STRENGTHS ( Kekuatan )


  • Menarik dan lucu
  • Disukai anak- anak bahkan orang dewasa
  • Menggemaskan
  • Harga terjangkau


2.     WEAKNESSES ( Kelemahan )


  • Karena menggunakan bahan plastik, sehingga tidak ramah lingkungan


3.     OPPORTUNITIES (Kesempatan )

  • Menerima pesanan
  • Jual online dan offline
  • Belum ada yang memulai bisnis ini di kota kebumen

4.     THREATS ( Ancaman )


  • Banyak pesaing dengan bahan baku yang lebih baik dari botol bekas, seperti ; membuat dengan bahan baku kain flanel dll


BAB IV
PENUTUP


Saya harap masyarakat lebih peduli dalam menjaga lingkungannya. Dan saya harap masyarakat maupun pembaca dapat membedakan sampah yang dapat didaur ulang dengan sampah organik, sehingga nantinya dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Terutama dalam pencemaran tanah dan air. Jika kita menjaga lingkungan pasti lingkungan akan bersahabat dengan kita.
Dengan ditulisnya proposal ini, semoga dapat menambah pengetahuan bagi pembaca supaya dapat mendaur ulang barang bekas yang ada di sekitar kita. Sehingga barang tersebut dapat digunakan kembali dan dapat dimanfaatkan kembali.
Jika dalam penulisan proposal ini terdapat kata ataupun kalimat yang kurang baik, saya minta maaf. Semoga kedepanya saya dapat lebih teliti lagi dalam menyusun sebuah laporan.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Tespen DC

VOIP dengan AXON Berbasis Windows

Artikel tentang PBX/PABX dan Voip