Artikel tentang PBX/PABX dan Voip
ARTIKEL TENTANG PBX/PABX DAN VOIP
Pengertian PABX
PABX (Private Automatic Branch Exchange)
adalah Alat Penyambung (Switch) untuk mengatur komunikasi telpon masuk dan
telpon keluar secara efisien dan efektif di Kantor, Ruko, Rukan, Rumah
besar/bertingkat, Asrama, Kost, dan bangunan lainnya.
Pengertian PBX
PBX (private branch
exchange) adalah adalah suatu perangkat keras
elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara
bagian internal (extention to extention) dengan external (out going and
incoming).
Fungsi PBX dan PABX :
Fungsi PABX
Pada dasarnya semua PABX digital mempunyai grup fungsional yang sama, tapi
fungsi-fungsi tersebut diterapkan dan diatur dalam jalan yang berbeda dalam
sistem yang bervariasi. Fungsi PABX sebagai sistem penyambungan telepon untuk
mengatur proses penyambungan komunikasi telepon.
Fungsi PBX
Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan
telepon yang dituju.
Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan
menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan).
Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah
pengguna telepon
Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama
waktu panggilan atau metering call).
Perbedaan PBX dan PABX :
PBX
PBX
untuk pembai atau pengatur antara bagian internal dengan external, dan
menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP, Teknologi ini mencakup
fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam
pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah
infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke
jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap
menggunakan nomor telepon reguler
PABX
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan
ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke
nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer
rumah).
Sistem
PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah
switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam
kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada
banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi
yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta
bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Kerja PBX dan PABX :
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau
lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk
terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja
proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras
berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat
panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki
daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan
dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan
eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.
Cara Kerja PABX
Cara
kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang
berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang
masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control
station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu
untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing
extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode
tersebut.
Pengertian
VoIP ( Voice over Internet Protocol )
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).
Fungsi VoIP :
1. Signalling – Signalling berfungsi untuk menamkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan inisialisasi (penyampaian) pesan/percakapan.
2. Database Service – Layanan database adalah salah satu fungsiVoIP dalam mencari tujuan akhir/endpoint yang harus dituju, sekaligus sebagai penerjemah alamat yang biasanya digunakan dalam duajaringan yang berbeda.
3. Call Connect/Disconnect (Bearer Control) – Bearer Control memungkinkan si penerima panggilan dapat memutuskan panggilan/menerima panggilan.
4. Codecs Operations – Berguna sebagai coder ataupun decoderdalam pengubahan/transmitted suara menjadi sinyal digital/paket data ataupun sebaliknya.
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).
Fungsi VoIP :
1. Signalling – Signalling berfungsi untuk menamkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan inisialisasi (penyampaian) pesan/percakapan.
2. Database Service – Layanan database adalah salah satu fungsiVoIP dalam mencari tujuan akhir/endpoint yang harus dituju, sekaligus sebagai penerjemah alamat yang biasanya digunakan dalam duajaringan yang berbeda.
3. Call Connect/Disconnect (Bearer Control) – Bearer Control memungkinkan si penerima panggilan dapat memutuskan panggilan/menerima panggilan.
4. Codecs Operations – Berguna sebagai coder ataupun decoderdalam pengubahan/transmitted suara menjadi sinyal digital/paket data ataupun sebaliknya.
Cara Kerja
VoIP :
Cara Kerja VoIP
adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi
paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem
dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan
melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon
diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima
oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.
Membuat
Voip Server Melalui Trixbox :
Kali ini saya menggunakan aplikasi Trixbox untuk
membuat Server VoIP pada VirtualBox, trixbox diinstall dalam satu paket ISO
bersama sistem operasi CentOS, dan menyediakan layanan VoIP dengan protokol
SIP, pada server VoIP trixbox ini kita dapat membuat beberapa Extension atau
nomor telpon untuk setiap Client, Client saya ada dua yaitu Komputer yang
menjalankan aplikasi VoIP client Zoiper. Berikut ini adalah langkah-langkahnya
:
·
Download file ISO trixbox lewat internet, beserta aplikasi untuk VoIP
client Zoiper.
·
Masukan file ISO pada Machine VirtualBox maka akan seperti ini tampilannya.
·
Tekan enter untuk lanjut.
· Pilih bahasa yang ingin diinstall pada Server VoIP ini, saya menggunakan
bahasa Inggris dan klik OK.
·
Pilih US untuk keyboard layout karena kebanyakan adalah US, dan tekan
tombol OK.
·
Pilih timezone untuk waktu pada Server, pilih timezone sesuai letak server
berada di bagian waktu mana.
·
Ketikan Password untuk ROOT atau hak istimewa pada Server VoIP ini. lalu
tekan OK.
·
Lalu tunggu Installasinya hingga selesai.
·
Setelah proses Installasi selesai maka Server akan otomatis Restart, maka
akan muncul seperti ini ketikan nama user "root" dan password sesuai
yang telah dibuat sebelumnya.
·
Pada CLI, ketikan perintah netconfig untuk mengkonfigurasi
alamat IP interface Server ini agar dapat terhubung dengan jaringan, setelah
diketikan perintah netconfig maka akan muncul seperti ini,
tekan tombol Yes.
·
Ketikan alamat IP sesuai pada Jaringan dimana Server VoIP itu terhubung.
lalu tekan tombol OK
·
Restart layanan network dengan mengetikan perintah service network
restart dan cek alamat IP apakah sudah didapatkan.
·
Coba buka browser dan ketikan alamat IP dari Server trixbox tadi untuk
mengkonfigurasi nomor telpon client.
·
Pada pojok kanan atas klik switch untuk berganti menjadi
mode admin.
·
Ketikan username dengan maint dan password password.
·
Klik Asterisk > FreePBX.
·
Klik menu Extensions > Submit untuk membuat sebuah extension
·
Ketikan sebuah nomor untuk sebuah client, pada kolom secret ketikan
password untuk nomor client ini, cari tombol Submit pada
paling bawah. dan klik untuk menyimpan.
·
Buat lagi untuk client satunya lagi, lalu cari tombol Submit pada
paling bawah.
·
Klik Apply pada bagian atas untuk menyimpan konfigurasi.
·
Continue with reload.
Testing
Client
·
Install aplikasi VoIP Client zoiper pada kedua client.
·
Buka aplikasi Zoiper, dan tambahkan akun SIP.
·
Pilih SIP dan klik NEXT.
·
Ketikan nomor telpon, password, beserta alamat IP Server VoIP, dan klik
Next.
·
Langsung klik Next.
·
Maka proses register sudah berhasil sekarang lanjut pada client yang kedua.
·
Lakukan hal yang sama hingga pada langkah ini ketikan nomor telpon yang
kedua untuk client yang kedua.
·
Coba lakukan panggilan dari 081000 ke 082000
·
maka akan muncul proses panggilan.
·
Jawab panggilan dari 081000
Daftar Pustaka :
Komentar
Posting Komentar